29 November 2021

PRODI BDP FPIK UPS TEGAL LAKSANAKAN ASSESMEN LAPANGAN SECARA DARING

 

PRODI_BDP_FPIK_LAKSANAKAN_ASSESMEN_LAPANGAN_SECARA_DARING

Ditengah Pandemi Covid-19 ini Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pancasakti Tegal terus melakukan perbaikan dan peningkatan mutu akademik, mahasiswa, dan alumni, Program Studi Budidaya Perairan divisitasi Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari (13-14 Juli 2020) bertempat di laboratorium komputer Universitas Pancasakti Tegal, Assesmen Lapangan (AL) kali ini dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi Zoom dengan metode video teleconference.

Pada kesemapatan ini, Assesor BAN-PT untuk visitasi Program Studi Budidaya Perairan Universitas Pancasakti Tegal terdiri dari 2 orang yaitu Prof. Dr. Ir. Feliatra, DAE. (Universitas Riau) dan Prof. Dr. Ir. Ahsin Rifa’i (Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin).

Ninik Umi Hartanti, M.Si. selaku Ketua Program Studi Budidaya Perairan, mengungkapkan harapan dan terimaksih yang setinggi-tingginya bagi seluruh yang terlibat dan besinergitas dan kami sangat berterima kasih kepada Assesor yang telah memberikan beberapa masukan dan arahan yang diberikan asesor akan sangat membantu dalam memajukan Program Studi ini nantinya, ucapan terima kasih disampaikan pula kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan stakeholder yang telah membantu dan mensukseskan proses visitasi, harapan kami adalah hasil yang terbaik pada proses visitasi ini dengan target mendapat akreditasi A.

Dekan Fakultas Perikan Dr. Ir. Sutaman, M.Si. juga menyampaikan rasa terima kasih kepada BAN-PT yang telah menugaskan tim Assesor tersebut untuk memvisitasi salah satu program studi di fakultas perikanan. Terima kasih saya sampaikan kepada tim assesor yang telah melaksanakan tugasnya dan memberikan strategi yang menjadi acuan dalam pencapaian Visi Program Studi.

Dr. Beni Habibi, M.Pd. selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pancasakti Tegal juga menyampaikan Dalam proses visitasi kali ini Program Studi Budidaya Perairan berupaya untuk memberikan hasil yang maksimal dengan menampilkan tujuh standar BAN-PT yang harus disiapkan pada proses visitasi yang meliputi standar 1 tentang visi dan misi, standar 2 tentang tata pamong, standar 3 tentang mahasiswa dan lulusan, standar 4 tentang sumber daya manusia (dosen dan karyawan), standar 5 tentang kurikulum, standar 6 tentang keuangan dan sarana prasarana serta sistem informasi , dan standar 7 tentang penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan kerjasama. Visitasi oleh assesor ini untuk memotret keadaan yang sebenarnya di dalam kampus dengan data yang di tulis di borang 7 standar yang sudah diserahkan ke BAN-PT. Komitmen tim akreditasi dari LPMU, GJM, Fakulta, dan Prodi sangat menentukan suksesnya akredatasi untuk meraih hasil maksimal.