Pos-pos Terbaru
- PENDAMPINGAN REAKREDITASI PRODI PMTK, PBI, PBSI BADAN PENJAMINAN MUTU UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
- PENDAMPINGAN REAKREDITASI PRODI PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN DAN PRODI BUDIDAYA PERAIRAN FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
- PENDAMPINGAN AKREDITASI PRODI PBI, PBSI, PMTK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
- PENDAMPINGAN AKREDITASI PENDIDIKAN PROFESI GURU BADAN PENJAMIN MUTU UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
- MONITORING EVALUASI PELAKSANAAN UTS GASAL TA 2024/2025 BADAN PENJAMIN MUTU UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
PRODI BDP FPIK UPS TEGAL LAKSANAKAN ASSESMEN LAPANGAN SECARA DARING
16 Juli 2020 / Leave a comment
Ditengah Pandemi Covid-19 ini Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pancasakti Tegal terus melakukan perbaikan dan peningkatan mutu akademik, mahasiswa, dan alumni, Program Studi Budidaya Perairan divisitasi Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari (13-14 Juli 2020) bertempat di laboratorium komputer Universitas Pancasakti Tegal, Assesmen Lapangan (AL) kali ini dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi Zoom dengan metode video teleconference.
Pada kesemapatan ini, Assesor BAN-PT untuk visitasi Program Studi Budidaya Perairan Universitas Pancasakti Tegal terdiri dari 2 orang yaitu Prof. Dr. Ir. Feliatra, DAE. (Universitas Riau) dan Prof. Dr. Ir. Ahsin Rifa’i (Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin).
Ninik Umi Hartanti, M.Si. selaku Ketua Program Studi Budidaya Perairan, mengungkapkan harapan dan terimaksih yang setinggi-tingginya bagi seluruh yang terlibat dan besinergitas dan kami sangat berterima kasih kepada Assesor yang telah memberikan beberapa masukan dan arahan yang diberikan asesor akan sangat membantu dalam memajukan Program Studi ini nantinya, ucapan terima kasih disampaikan pula kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan stakeholder yang telah membantu dan mensukseskan proses visitasi, harapan kami adalah hasil yang terbaik pada proses visitasi ini dengan target mendapat akreditasi A.
Dekan Fakultas Perikan Dr. Ir. Sutaman, M.Si. juga menyampaikan rasa terima kasih kepada BAN-PT yang telah menugaskan tim Assesor tersebut untuk memvisitasi salah satu program studi di fakultas perikanan. Terima kasih saya sampaikan kepada tim assesor yang telah melaksanakan tugasnya dan memberikan strategi yang menjadi acuan dalam pencapaian Visi Program Studi.
Dr. Beni Habibi, M.Pd. selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pancasakti Tegal juga menyampaikan Dalam proses visitasi kali ini Program Studi Budidaya Perairan berupaya untuk memberikan hasil yang maksimal dengan menampilkan tujuh standar BAN-PT yang harus disiapkan pada proses visitasi yang meliputi standar 1 tentang visi dan misi, standar 2 tentang tata pamong, standar 3 tentang mahasiswa dan lulusan, standar 4 tentang sumber daya manusia (dosen dan karyawan), standar 5 tentang kurikulum, standar 6 tentang keuangan dan sarana prasarana serta sistem informasi , dan standar 7 tentang penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan kerjasama. Visitasi oleh assesor ini untuk memotret keadaan yang sebenarnya di dalam kampus dengan data yang di tulis di borang 7 standar yang sudah diserahkan ke BAN-PT. Komitmen tim akreditasi dari LPMU, GJM, Fakulta, dan Prodi sangat menentukan suksesnya akredatasi untuk meraih hasil maksimal.
KEPALA LPMU MUTU UPS TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT DAN SUKSES PADA WISUDAWAN UPS TEGAL
11 Juli 2020 / Leave a comment
Sabtu, 11 Juli 2020, Universitas Pancasakti Tegal melaksanakan wisuda magister ke-8, sarjana ke-63 dan diploma tiga ke-41 periode gasal tahun ajaran 2019/2020. melalui acara Rapat Terbuka Senat secara daring. Sebagaimana sebelumnya, wisuda kali ini berbeda dengan sebelumnya dimana wisuda kali ini di selenggarakan secara daring sehubungan dengan adanya wabah Covid-19 yang mengharuskan menjaga jarak dan menghindari kerumunan. pelaksanaan wisuda kali ini merupakan upacara wisuda secara daring yang dilaksanakan UPS Tegal untuk pertama kali. hal ini dilakukan atas dasar adanya kebijakan dari kemendikbud, kemenkes, dan edaran walikota Tegal untuk pencegahan covid-19.
Rektor Universitas Pancasakti Tegal Prof. Dr. Fakhrudin, M.Pd dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada wisudawan. belaiu juga berharap kontribusi wisudawan UPS Tegal dalam mengamalkan keahliannya secara baik dan profesional. Universitas Pancasakti Tegal selalu berupaya menghadirkan mutu pendidikan yang berkualitas, dan membekali lulusan untuk terapil dalam bidang ilmu pengetahuan untuk siap di dunia kerja.
Dalam kesempatan ini pula Dr. Beni Habibi, M.Pd Selaku Kepala Penjaminan Mutu Universitas (LPMU) UPS Tegal menyampaikan kepada wisudawan atas diraihnya gelar baru, semoga wisudawan agar dapat mengamalkan ilmu yang di peroleh selama belajar agar dapat berguna untuk masyarakat banyak. selain itu saya berpesan kepada wisudawan untuk selalu berbakti kepada kedua orangtuanya yang selama ini telah bersusah payah mendidik dan membiayai studi mereka hingga jenjang magister, sarjana dan diploma. Sikap hormat kepada kedua orangtua tersebut penting diingatkan agar para wisudawan sadar bahwa tanpa kedua orangtua mereka tidak akan ada dan menikmati kehidupan ini.
Semoga, Allah swt senantiasa melimpahkan rahmat dan berkahnya kepada para wisudawan, dimudahkan semua urusannya, diberi petunjuk dan kekuatan untuk menjalankan peran-peran kemasyarakatan dengan berbekal ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dari Universitas Pancasakti Tegal ini. Saya tahu persis bahwa Universitas ini telah melaukan upaya maksimal dan terbaik untuk mengantarkan para lulusannya menjadi orang yang berhasil, tidak saja dalam kehidupan dunia, tetapi juga dalam kehidupan akhirat. Tetapi kita harus sadar bahwa kehidupan ini memang tidak pernah utuh, selalu saja ada kekurangan. Tetapi karena kekurangan itu pula, kita senantiasa harus terus belajar dan menuntut ilmu pengetahuan. teruslah belajar!
LPMU UPS TEGAL GELAR SOSIALISASI PENINGKATAN MUTU
Ditengah wabah pandemi COVID-19 Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pancasakti Tegal menyelenggarakan sosialisasi instrumen suplemen konversi (ISK) dan audit mutu internal bertempat di ruang rapat YPP 15 juni 2020. Kegiatan ini bertujuan meningkatan pemahaman terkait instrumen suplemen konversi (ISK) dan audit mutu internal Universitas Pancasakti Tegal, di hadiri oleh Rektor, Dekan, dan Ketua Program Studi dilingkungan Universitas Pancasakti Tegal.
Dr. Beni Habibi, M.Pd. selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Universitas memberikan sambutannya beliau menyampaikan ditengah wabah pandemi COVID-19, kualitas perguruan tinggi harus tetap ditingkatkan kegiatan ini diselenggarkan atas dasar persiapan implementasi kebijakan sistem akreditasi baru, karena tujuan penjaminan mutu ini selain untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi, tapi kita juga menjaminkan mutu mahasiswa kita untuk menghasilkan generasi bagi bangsa ini. Pada kesempatan ini Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. selaku Rektor Universitas Pancasakti Tegal dalam sambutannya menjelaskan tujuan diselenggarakan acara ini adalah sebagai bentuk sinergitas antar program studi. Bagaimana sebuah perguruan tinggi dibangun, yang pertama adalah memiliki kurikulum yang baik, kemudian dosen yang berkualitas, ketiga adalah memiliki sarana pendidikan yang baik, dan yang terakhir adalah yang paling penting yakni memiliki kesanggupan dalam memelihara kepercayaan masyarakat.
“Membangun sebuah perguruan tinggi adalah bukan kurikulum yang baik, sarana yang bagus atau dosen berkualitas, tapi kesanggupan dan komitmen dalam memeilihara kepercayaan, dimana kesanggupan ini harus diberikan kepada pemerintah dan kepercayaan kepada masyarakat.” Ucapnya.
Kesanggupan yang dimaksud menurut Rektor UPS Tegal adalah, bukan kesanggupan seorang dosen dalam keterampilan mengajar, tapi kesanggupan seorang dosen dalam menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah dan masyarkat dalam mencetak generasi yang baik untuk bangsa.
“Karena banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki kesanggupan, karena kesanggupan itu adalah awal, tapi akhirnya adalah sebuah kepercayaan, dimana kepercayaan yang harus masyarakat berikan bahwa sebuah perguruan tinggi bisa membawa mahasiswanya bermanfaat bagi sekitarnya dan memiliki ilmu yang bermanfaat.
M. Shaefur Rokhman, M.Si. selaku kepala bidang penjaminan mutu eksternal dan pemateri pertama. M. Shaefur Rokhman, M.Si. memaparkan tentang instrumen suplemen konversi nilai akreditasi program studi. Hal yang melatarbelakangi sosialisasi ini yaitu terbitnya Permrndikbud No 5 tahun 2020 yang diikuti PerBAN-PT No 1 tahun 2020. Bahwa masa berlaku akreditasi adalah 5 tahun, perpanjangan akreditasi dilakukan otomatis oleh BAN-PT dan Evaluasi insidentil oleh BAN-PT.
Perguruan tinggi atau program studi dapat mengajukan akreditasi ulang untuk kenaikan peringkat akreditasi, pengajuan akreditasi ulang paling cepat 2 tahun sejak penetapan peringkat akreditasi terakhir. Berdasarkan PerBAN-PT No 1 tahun 2020, tahapan akreditasi pemantauan pemenuhan syarat peringkat akreditasi, Evaluasi data dan Informasi Mutu Perguruan tinggi atau program studi. Selanjutnya juga disampaikan adanya instrumen suplemen konversi (ISK) ke BAN-PT merupakan dokumen yang diajukan sebagai usulan konversi peringkat akreditasi lama ke perangkat baru. Peingkat A menjadi Unggul, B menjadi Baik Sekali, C menjadi Baik.
Pemateri kedua Ir. Taufik Hidayat, M.Eng. selaku penjaminan mutu internal menjelaskan Audit Mutu Internal adalah proses pengujian yang sistematika, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di universitas sesuai dengan prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar yang telah di tetapkan untuk mencapai tujuan intitusi. Ada 4 manfaat audit mutu internal dapat memverifikasi tujuan perguruan tinggi, standar dikti yang ditetapkan perguruan tinggi dan nilai-nilai yang telah ditetapkan dilaksanakan sesuai regulasi, memantau kesesuain pencapaian tujuan/pelaksanan dengan standar, menjamin akuntabilitas dari pelaksanaan standar, dan menemukan ruang perbaikan dalam rangka mengurangi resiko Perguruan Tinggi. Lembaga Penjaminan Mutu Universitas dengan pelaksanaan AMI dapat memperoleh perbaikan sistem penjaminan mutu yang efektif.
Info Kopertis Terbaru
- Tawaran Program Bantuan Pembelajaran Terpusat pada Mahasiswa Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi 30 April 2019
- Pengumuman Migrasi Web LLDIKTI VI 30 April 2019
- Pelatihan Metode Penelitian dan Statistika Universitas Airlangga 30 April 2019
- Perubahan Susunan Anggota Penelitian/Pengabdian 30 April 2019
- Pengisian Borang Kinerja Inovasi Tahun 2019 30 April 2019