Home » Informasi Akreditasi » Siapkan Target UNGGUL, BPMU UPS gelar Workshop Akreditasi Menuju Unggul

Siapkan Target UNGGUL, BPMU UPS gelar Workshop Akreditasi Menuju Unggul

 

Tegal 31 Juli 2023, Hiruk pikuk perakreditasian sering kali membuat kita gamang, tak jarang perasaan resah gundah gulana membayangkan betapa beratnya tanggungjawab kita untuk menyiapkan tuntutan sebuah Perguruan Tinggi. Tensi tinggi terkadang menjadi menu makan siang karena masih terdapatnya beberapa kekurangan terkait narasi dan dokumen yang dibutuhkan untuk sebuah akreditasi. Akreditasi sendiri adalah sebuah tuntutan wajib untuk sebuah perguruan tinggi yang dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). BAN-PT mengembangkan Instrumen akreditasi Perguruan Tinggi 4.0 yang berorientasi pada ouput dan outcame, dengan pengukuran mutu lebih dititikberatkan pada aspek proses, output, dan outcome.

Perguruan Tinggi harus bekerja keras mempersiapkan diri untuk akreditasi dengan Kriteria 9 yang jauh  berbeda dengan sebelumnya menggunakan standar 7. Kriteria 9 tersebut meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran;  tata pamong, tata kelola dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian;  pengabdian kepada masyarakat; luaran dan capaian tridharma.
Sehubungan dengan hal tersebut dan dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan tinggi menuju akreditasi unggul, Badan penjaminan Mutu UPS menggelar Kegiatan workhsop akreditasi unggul untuk seluruh Prodi di Lingkungan Universitas Tegal. Kegiatan ini di isi oleh Pakar Akreditasi Dr. Angkasa, SH., M.Hum. Tujuan workrshop ini untuk menguatkan proses akreditasi baik di Perguruan Tinggi maupun Prodi , agar bisa menjadi unggul. Dengan simulasi dan diagnosis borang tiap Progdi dilakukan pemetaan secara detail sehingga menghasilkan strategi pelaksanaan akreditasi yang efektif ,yaitu menjadi unggul. Kegiatan ini dilakukan di Aula Yayasan dan dihadiri oleh semua kaprodi dan sekprodi di UPS baik S1 maupun S2.
sumber terkiat :
berita terkait :

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *